Guadalajara

Mexico / Jalisco / Guadalajara /
 kota, ibu kota negara bagian / provinsi / wilayah, bingkai untuk menggambar

Guadalajara adalah ibu kota dari Jalisco mexican negara dan merupakan sebagian besar penduduk kota kedua di Meksiko.
Kota ini terletak di pusat wilayah negara barat dan di kawasan Pasifik Meksiko. Dengan populasi sebesar 1.579.174.
Guadalajara Metropolitan Area yang meliputi tujuh kota lainnya berdekatan dan memiliki populasi sebesar 4095715 pada 2008, sehingga yang kedua yang paling padat penduduknya di daerah metropolitan di Meksiko, di belakang Kota Meksiko. Yang adalah kota yang paling padat penduduknya di Mexico Ciudad Nezahualcóyotl setelah di Negara Bagian Meksiko.

Guadalajara terletak di ketinggian 1.600 meter (5.200 kaki), favouring dengan ringan, seperti musim semi-iklim.

Kota ini dinamai setelah kota Spanyol Guadalajara, dengan nama yang berasal dari Arab-Wadi al-Hajara (وادي الحجارة), yang berarti "lembah Stones"; the literal translation of the Iberian nama (Arriaca), yang berarti "Sungai Stony ".

Meksiko Guadalajara adalah kota kedua terbesar dan kekuatan utama di Meksiko ekonomi, budaya dan agama. It exerts pengaruh signifikan pada bagian negara, dan yang paling penting dan ambisius proyek infrastruktur di Meksiko.

Kota ini memiliki host beberapa acara internasional, seperti yang pertama Cumbre Iberoamericana pada tahun 1991, yang Cumbre Amerika Latina, El Caribe-Union Europea, pada 2004, Encuentro Internacional de Promotores y Gestores Culturales pada tahun 2005, dan akan menjadi tuan rumah kota 2011 Panamerican Permainan. Ia juga bernama American Ibukota Budaya pada tahun 2005, Ciudad Educadora (Educator Kota) pada 2006 dan yang pertama di Mexico City Smart karena penggunaan teknologi dalam pembangunan.

Guadalajara juga dikenal sebagai Meksiko's silicon valley kuat karena industri elektronik, dan juga dianggap Meksiko tinggi tech modal karena kepemimpinan dalam pengembangan perangkat lunak dan informatika.

Menurut majalah FDI, Guadalajara diranking "kota masa depan", lebih tinggi dari kota-kota lainnya Meksiko, dan memiliki kedua potensi ekonomi kuat dari setiap kota besar di Amerika Utara di belakang Chicago. Ia juga dinilai antara lima bisnis paling ramah-kota di Amerika Latin 2007.
Kota terdekat:
Koordinat:   20°39'45"N   103°21'7"W
  •  175 km
Array