SMA Negeri 4 Jakarta (Jakarta)

Indonesia / Jakarta / Jakarta / Jalan Batu, 3
 secondary education, state school

Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jakarta adalah Sekolah Menengah Atas Negeri yang berada di bilangan Gambir, Jakarta Pusat.
Pada hari Jumat, 21 Maret 1951, para pejuang mengajukan kepada parlemen agar mereka diberikan tempat untuk belajar yang memiliki sistem pendidikan dan guru-guru asli Indonesia, karena sebelumnya mereka belajar di SMA VHC pimpinan Hr. Bruyn di Jl. Diponegoro yang memiliki sistem dan guru Belanda. Permintaan tersebut disertai ancaman bahwa mereka akan mengadakan demonstrasi di dalam kota jika permintaan mereka tidak dipenuhi. Akhirnya parlemen menyetujui permintaan tersebut, dan memberitan tempat eks-rehabilitasi tawanan perang yang terletak di Gang Batoe untuk dijadikan tempat belajar. Sejak saat itulah sekolah ini disebut dengan nama SMA Gang Batu yang terdiri dari bagian A, B, dan bagian C.
Pada tahun 1954, Presiden Republik Indonesia Soekarno menghadiahkan sebuah bangunan yang sudah dibangun sejak 1953 yang terletak di Jalan Setiabudi II, Jakarta yang dilengkapi dengan laboratorium karena prestasinya yang begitu banyak. Kemudian bangunan tersebut menjadi SMA Gang Batu bagian B, kini dikenal sebagai SMA Negeri 3 Jakarta, dan bagian A menjadi SMA Negeri 7 Jakarta, serta bagian C menjadi SMA Negeri 4 Jakarta Gang Batu.
Pada tahun 1964 SMA Gang Batu berganti nama menjadi SMA Negeri 4 Jakarta, pada saat itulah lahir lambang SMA Negeri 4 yaitu: Suddharma Pundarika yang diciptakan oleh Bapak Muharam guru menggambar dan Bapak Amin Situmeang (Bapak Ronggur). Lambang tersebut saat ini diabadikan dan dipakai sebagai lambang resmi Sekolah dan merupakan kebanggaan tersendiri bagi Keluarga Besar SMA Negeri 4 Jakarta. Makna lambang tersebut adalah Jalan Terbaik Mengabdi Ibu Pertiwi.
Disamping lambang tersebut SMA Negeri 4 Jakarta juga mempunyai slogan/motto : Iman, Ilmu, Amal - SMA 4 Jaya yang dicetuskan pada tahun 1968 pada masa kepemimpinan Bapak Soegiono Soegito. Sama halnya lambang SMA Negeri 4, Motto inipun ternyata menjadi motivasi berkembang dan berkibarnya prestasi SMA Negeri 4 hingga sekarang.
ada 3 sumres
Nearby cities:
Coordinates:   6°10'43"S   106°50'7"E

Comments

  • SMAN 4 is the best school ...
  • Kata siapa SMU 4 suka tawuran? Dulu mungkin iya, sekarang? Dah ga jaman tau... Good school, anak SMP 216 kala ga masuk SMU 68, pasti lari ke SMU 4 hehehe...
  • Outstanding highschool... Good place to study so that we can easily continue to every best university. Full of unforgettable memories.. As understood, it was the opposite high school that always created havoc. Glad it was not there nomore so that SMAN 4 could continue study in peace. Regards - Dodo 87'
  • Putri Titian sekolah di situ yak...? salam ya sama si doi :D
  • sekolahnya putri titian tuh..... salam deh buat dia...
  • be cool, sapa yg menabur ancaman akan termakan ancamannya, yg nulis keterangan gmbr. "SMU 4" sapa ente.....ente jual ane beli.....
  • It's My School guys...
  • tempat kuw menimba ilmu
  • ckula di stu bgus gag c ?????? ehhm .... btw,, mntan co w di stu tuh ...... nmana luthfan hafids ... w mo tauw daerah stu dund ...
  • tempat gw menemukan teman2 terbaik sepanjang msa..
  • Tempat nongkrong orang-orang yanng gtu dechhhh
  • Wah cari daun muda banyak nih disini......
  • enak aja tuh bacot.... sapa bilang suka tawuran, itu DULU!!! sekarang sih........
  • Yang kasih comment menjelek-jelekan SMA 4 Jakarta, harap dimaklumin saja, pasti disebabkan keinginannya mau masuk ke SMA 4 tapi engga diterima karena terlalu bodoh, jadi merasa iri dan dengki sama SMA 4, seperti kata pepatah: "Sirik tanda tak mampu" Kalo dibilang anak 4 engga ada otaknya, gue beserta rekan-rekan angkatan gue banyak yang bisa masuk PTN (UI, ITB, UNPAD dll)
  • Bravo buat sekolahku tercinta. Maju terus pantang mundur ! Tunjukkan prestasimu. Semoga sekolahku tercinta melahirkan generasi penerus yg nggak hanya pintar otaknya, tapi juga berakhlak mulia. Aamiin...
  • memang dulu disitu tempat nongkrongnya anak yang suka tawuran..tapi disitu juga dulu tempatnya anak yang punya otak encer..
  • I'm Very Proud to say that once upon a time i was Student in this school, because it has everything: Dedicated Teacher, Great Friends, Good Facilities, Nice environment,and We studied hard, encouraged by our teacher and parents, for our own future, so we can entered elite universities. But i admit (in shame) that sometimes when other student from different school tried to disturb us, we fought back and we also fought hard(teenagers instinct), so no other students or schools will take us for granted.....IMAN ILMU AMAL SMA 4 JAYA!!!!
  • Kenapa ya saat ini masih ada permintaan agar murid membawa sesuatu yang tidak mendidik dan terkesan disengaja agar ada kesempatan untuk memberikan hukuman? Anak saya mengalami hal ini, diminta bawa sandal jepit warna merah putih, apakah kalau bawa sandal warna lain akan menjadikan anak saya bodoh? Disuruh bawa celana training warna tertentu, apakah kalau gunakan celana training warna lain anak saya akan bodoh? Seharusnya hal ini menjadi perhatian para guru.
  • Show all comments
This article was last modified 5 years ago