Bandar Udara Abdulrachman Saleh (MLG/WARA)

Indonesia / Jawa Timur / Singosari /
 bandara, pangkalan udara militer / lanud

Bandar Udara Abdul Rachman Saleh adalah bandar udara yang terletak di Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, atau 17 km arah timur dari pusat Kota Malang. Bandara Abdulrahman Saleh merupakan tempat pesawat Hercules C-130 dan Super Tucano sebagai pengganti OV-10 Bronco yang telah di musiumkan. Selain itu Detasemen Matra 2 KOPASGAT dan YONKO 464 KOPASGAT Komando Pasukan Gerak Cepat juga bermarkas di sini.

Bandara Abdulrahman Saleh memiliki dua landasan pacu yang pertama untuk pesawat-pesawat bermesin propeller seperti Hercules C-130 dengan panjang 1.500 m, dan yang kedua untuk jenis pesawat bermesin jet seperti Boeing 737 dengan panjang 2.300 m. Pemerintah provinsi Jawa Timur melalui Dishub dan LLAJ mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan agar menambah panjang landasan pacu 700 meter lagi. Per 2021 bandara ini masih memiliki 7 parking stand untuk apron sipilnya

Nama bandara ini diambil dari salah satu pahlawan nasional Indonesia: Abdulrahman Saleh, dan sebelum bernama Bandara Abdulrahman Saleh, bandara ini bernama Lapangan Terbang Bugis.
Kota terdekat:
Koordinat:   7°55'42"S   112°42'42"E
Artikel ini terakhir diubah 8 bulan yang lalu