Puncak Gunung Cakrabuana (Sumedang)

Indonesia / Jawa Barat / Rajapolah / Sumedang
 Pasang sebuah foto

Puncak tertingginya memiliki ketinggian 1721 meter diatas permukaan laut. Gunung ini memiliki sejarah penting dalam perjalanan peradaban Sunda. Pada masa lalu merupakan tapal batas antara Kerajaan Galuh dan Kerajaan Pakuan Pajajaran, ini terlihat pada situs tugu batu jejer yang berada di puncak gunung ini. Pada masa perang Kemerdekaan tempat ini adalah jalur utama Long March Divisi Siliwangi menuju Yogya dan saat kembali dari Yogya. Dan di tempat inilah terjadi pertempuran antara Pasukan TNI Siliwangi melawan pemberontak DI/TII yang menewaskan banyak prajurit TNI yang baru tiba dari Yogya. Karena merupakan daerah strategis yang dikuasai DI/TII maka gunung ini termasuk ke dalam sasaran operasi TNI yang bernama Pagar Betis untuk menumpas pemberontak DI/TII. Saat ini Cakrabuana merupakan tapal batas antara 3 kabupaten yaitu Kabupaten Garut (Malangbong), Kabupaten Tasikmalaya (Pagerageung) dan Kabupaten Majalengka (Lemah Sugih).
Kota terdekat:
Koordinat:   7°2'21"S   108°7'52"E

Komentar-komentar

  • Namun dalam kenyataanya gunung cakra buana termasuk juga ke dalam wilayah kabupaten sumedang,tepatnya di desa cimungkal,desa ganjaresik dan desa sukanyiru.jadi bukan hanya 3 kabupaten saja.
  • cakrabuana like
  • cakrabuana merupakan gunung yang paling indah karena suasana alam nya yang masih asli
  • Kalau melihat peta, Gunung ini merupakan batas 5 kabupaten yaitu Sumedang, Majalengka, Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis.
  • betul betul betul
  • saya dulu pernah ke puncak gunung cakrabuana. konon puncaknya, jika seberapapun jumlah orang menempati puncak tersebut maka akan terasa cukup saja.
  • Lihat semua komentar
Artikel ini terakhir diubah 7 tahun yang lalu