Pagerageung

Indonesia / Jawa Barat / Rajapolah /
 kota kecamatan  Tambahkan kategori
 Pasang sebuah foto

Desa Pagerageung adalah ibukota dari Kecamatan Pagerageung. Terdiri dari 5 wilayah Kampung yaitu Pagerageung Kulon (Bojot, Tanjaknangsi, Cijeruk, Calingcing, Munjul), Pagerageung Kidul (Citugu, Patombo, Bolkam), Pagerageung Tengah (Tengkot, Sisi Makam, Baros), Pagerageung Kaler (Ciseupan, Pasantren, Cidomba), dan terakhir Pagerageung Wetan (Pasar, Darul Ulum, Cibeunying, Tanjakan Genteng, Kebon Suuk). Merupakan desa yang masih mempertahankan ciri tradisional masyarakat Sunda dan sangat kental dengan nuansa islami. Ini ditandai dengan berdirinya berbagai pondok pesantren di setiap kampungnya. Masyarakatnya 100% menganut agama Islam dan sebagian besar bermata penceharian sebagai petani. Kesenian khas dari desa ini yaitu seni tembang Pagerageungan, yang setiap tahun dilombakan terutama di tingkat sekolah dasar. Seni lainnya yaitu seni kosidahan yang biasanya diselenggarakan secara meriah di balai desa saat hari-hari besar Islam, seperti pada perayaan Isra Mi'raj dan Maulid Nabi.

Bila Anda berkunjung ke desa ini jangan lupa oleh-oleh yang sangat terkenal, yaitu Dodol Niknok. Dodol beras yang empuk lembut, manis nan yummi dilidah dengan kemasan unik yaitu daun pisang. Anda dijamin ketagihan untuk terus dan terus mencobanya. Kata orang, dodol ini lebih enak dari dodol Garut.

So, bila Anda mudik Lebaran lewat jalur Selatan, jangan lupa untuk berbelok dan menggunakan jalan Alternatif Malangbong-Pamoyanan-belok Pagerageung-Panumbangan-Cihaurbeuti-kembali ke jalur utama mudik Cikoneng Ciamis (Jalannya mulus sudah di-hotmix plus beton dibeberapa titik).
Kota terdekat:
Koordinat:   7°6'46"S   108°9'58"E
Artikel ini terakhir diubah 11 tahun yang lalu