Kolam Segaran (Kabupaten Mojokerto)

Indonesia / Jawa Timur / Mojoagung / Kabupaten Mojokerto / Jl. Pendapa Agung
 kolam (71), gedung bersejarah, archaeology/history education (en)

Kolam Segaran, sebuah kolam luas yang terletak di situs ibukota Kerajaan Majapahit di Trowulan. Keberadaannya hingga kini masih menjadi perdebatan di antara para ahli sejarah dan arkeolog. Untuk apa kolam ini dibangun dan fungsinya sebagai apa? Masih menyisakan misteri yang belum terjawab tuntas.

Ada analisa yang menyebutkan bahwa kolam ini dibangun sebagai Kawah Candra Dimuka untuk Pasukan Angkatan Laut Majapahit, dimana di tempat ini dilakukan pelatihan dan simulasi perang laut di masa kejayaan Majapahit.
Kota terdekat:
Koordinat:   7°33'28"S   112°22'58"E

Komentar-komentar

  • Hallo, Mau tanya dong. Kolam segaran airnya dari sungai (kalen) apa? Hulu sungainya dari gunung apa? terima kasih.
  • mungkin waktu itu untuk budidaya lele kali....barangkali rajanya hobi mancing....kali
  • mungkin juga untuk latihannya marinir Majapahit, kan ada pasukan kodoknya waktu itu...atau pasukan kintel...yang ahli menyusup...hehehe
  • kolam segaran airnya bersumber dari tanah disekitar kalom itu sendiri anehnya dia tidak akan pernah kering walaupun dimusim kemarau tak percaya ? buktikan sendiri datang ke lokasi *dulu konon tempat untuk membuang perkakas makan para tamu raja raja majapahit guna memamerkan kekayaan yang ada sana*
  • dulu Kolam Segaran itu buat para" pekerja wanita di masa kerajaan majapahit, dan buat tempat mencuci piring" Emas buatan kerajaan majapahit.. karena Kerajaan majapahit paling kaya se asia..
Artikel ini terakhir diubah 9 tahun yang lalu