Negeri Nolloth-Titasomi Louhata

Indonesia / Maluku / Amahai /

Nolloth Titasomi Louhata adalah 1 dari 6 negeri yang berada di jazirah utara pulau Saparua, jazirah Hatawano. Tanjung Hatawano yang terkenal juga berada di negeri Nolloth. Orang Nolloth datang dari Seram dan menduduki tanah kosong yang dulunya merupakan tanah petuanan milik negeri/kerajaan Iha, ULUPALU AMAIHA. Nolloth tidak memiliki gandong dengan negeri manapun, disebutkan moyang mereka dulu adalah anak tunggal.

Nolloth terikat pela sakral yaitu pela kawin atau kaweng dengan dua negeri bersaudara yaitu Haruku dan Sameth. Pela Nolloth Haruku dan Sameth dikenal luas sebagai pela NOHAS. NOHAS seringkali keluar bersama dalam perlombaan mendayung perahu atau manggurebe arumbae di mana mereka pernah 1 kali menjuara lomba manggurebe waktu berlangsungnya festival Teluk Ambon.

Sejarah pela Nolloth, Haruku, dan Sameth bermula dari Markus Risaluan-Huliselan, raja negeri Nolloth melintasi pulau Haruku saat dalam perjalanan pulang dari Passo ke negeri Nolloth, saat itu sang raja melihat seorang putri cantik yang ternyata merupakan anak raja negeri Haruku, mereka berkenalan dan kemudian sang raja pamit ke Nolloth untuk mempersiapkan proses bayar harta sebagai syarat lamaran dalam adat Maluku. Kemudian, cepat-cepatlah sang raja pulang ke Nolloth dan siap-siap ingin melamar sang putri. Saat tiba di Haruku, ternyata sang putri yang bernama Au'Apareta Narani sudah meninggal dan akhirnya karena cinta yang begitu tulus, raja Nolloth menikahi mayat sang putri. Sejak itulah Nolloth dengan Haruku dan kemudian dengan Sameth terlibat dalam satu pela kawin.
Nearby cities:
Coordinates:   3°30'0"S   128°42'0"E
This article was last modified 10 years ago